Jangan Cuma Nyebut Nyebut Aja, Kamu Tahu Apa Itu Nuklir?

         
Beberapa waktu ini senjata nuklir menjadi sangat sering di sebutkan. Yah karena apalagi selain ketegangan yang terjadi di semenanjung korea dan suriah dengan amerika. 

Tentu saja hal ini menyebabkan dunia mengingat kembali hari dimana bom nuklir pertama sekali dan terakhir kali di gunakan, yaitu di saat perang dunia kedua di mana amerika menjatuhkan bom nuklir (bom atom) di dua kota besar Jepang yang dalam hitungan detik berhasil luluh lantak dan rata dengan tanah, juga belum lagi kerusakan lingkungan hidup serta penyakit akibat radiasi akibat dasyatnya ledakan yang diakibatkan bom nuklir atau juga dikenal dengan nama bom atom. Nih ada videonya

         
Peristiwa itu mengakibatkan banyak orang hanya mengetahui kalau nuklir adalah salah satu jenis senjata mematikan. Padahal pada awal ditemukannya nuklir. 

Nuklir di gunakan untuk banyak sekali hal-hal berguna bagi kehidupan manusia. Jadi berikut ini adalah penjelasan tentang apa itu nuklir dan kamu harus tahu bahwa nuklir itu ternyata juga sangat berguna bagi manusia. 

Oke untuk awal kita harus terlebih dahulu tahu apa pengertian nuklir menurut bahasa. Nuklir asal mulanya dari kata nukleus yang berarti inti. "Jadi nuklir itu?" Sesuatu yang berhubungan dengan inti atom. Atom merupakan unit terkecil dari penyusun unsur(unsur: sebuah meteri). 

Semua benda mati di dunia tersusun oleh atom atom yang saling berikatan sedangkan kalau makhluk hidup tersusun oleh sel. Jadi sekarang kamu udah ngerti apa itu nuklir secara umum. Terus muncul deh pertanyaaan selanjutnya, gimana dong nuklir itu bisa meledak atau katanya tadi berguna bagi bagi manusia?

Seperti yang di jelaskan di atas. Bahwa nuklir merupakan sesuatu yang berhubungan dengan inti atom. Sesuatu yang dapat menyebabkan nuklir menjadi berguna maupun senjata(bom) adalah reaksi yang terjadi pada inti atom tersebut yang reaksinya terbagi dua yaitu pembelahan dan penggabungan inti atom.

Pembelahan inti atom dinamakan fisi, bahasa mudahnya berarti membelah suatu bahan menjadi 2 bagian atau lebih. Berarti, reaksi fisi nuklir adalah adalah suatu proses (reaksi nuklir) yang memecah inti atom menjadi 2 bagian yang lebih kecil/ringan. 

Kemudian reaksi ini akan menghasilkan energy. Energy hasil Proses fisi ini lah yang di gunakan sebagai bom atom(bom nuklir), pembangkit listrik tenaga nuklir, dan banyak lagi penggunaannya(penjelasan lengkap di akhir artikel). 

Satu hal yang merugikan dari reactor ini adalah ia akan menghasilkan radiasi yang dapat menghancurkan lingkungan hidup dan juga kesehatan kita sehingga harus dilakukan pengamanan yang sangat hati-hati dalam penggunaannya.



Penggabungan inti atom dinamakan fusi yaitu jelasnya adalah suatu reaksi nuklir dimana dua atau lebih inti atom bertumbukan satu sama lain dan menghasilkan inti atom yang baru yang lebih berat. 

Selama proses itu terjadi dihasilkan energy yang sangat besar jauh lebih besar dari reactor fisi bahkan ia tidak menghasilkan radiasi sehingga aman bagi lingkungan hidup dan kesehatan. 

Namun sayangnya Teknologi fusi nuklir ini hanya dapat berlangsung pada suhu ±50 juta°C sampai dengan 200 juta°C. .Sehingga sangat sulit dilakukan. 

Satu hal yang harus kamu tahu dari reactor fusi adalah matahari yang merupakan pusat tata surya kita, menghasilkan energy melalui reakto fusi ini dimana setiap setiap saat 4 atom hydrogen di matahari akan bergabung dan menghasilkan 2 atom helium serta energy yang dipancarkan keseluruh dunia termasuk bumi. 

Oke huuf, sekarang gimana kamu sudah mengertikan? Bagaimana proses reactor nuklir itu? Sekarang muncul lagi nih pertanyaan. Apakah semua unsur di dunia dapat melakukan reactor fusi dan fisi seperti yang dijelaskan di atas?. Hayo gimana lagi nih?.
Jawabannya adalah ……

Tentu saja tidak semua, kalau semua unsur  di bumi ini dapat melakukan reactor nuklir, gimana jadi nya dunia ini.

Jadi yang dapat melakukan reaksi nuklir hanya unsur unsur yang tidak stabil biasanya merupakan unsur bermor atom besar dan keberadaaannya di alam terdapat di kerak bumi. Untuk lebih jelas, unsur unsur apa saja yang merupakan unsur radioaktif dapat dilihat di table priodek kimia.

Selain unsur unsur yang terdapat di alam, unsur radioaktif( dapat meluruh atau melakukan reaksi nuklir) juga dapat di buat oleh manusia. 

Untuk  akhir dari artikel ini berikut saya sajikan beberapa penggunaan reactor nuklir terutama reactor fisi 

  1. Energi listrik oleh PLTN
  2. Terapi kangker sekaligus dapat menyebabkan kanker apabila terjadi kesalahan
  3. Sinar X
  4. Diagnosa sirkulasi darah
  5. Pencarian jejak radioaktif dalam tubuh
  6. Eksplorasi minyak dan gas
  7. Menentukan sifat dari bebatuan
  8. Pengukur kelembaban dan kepadatan tanah, aspal, dan beton
  9. Detektor asap 
  10. Meningkatkan akurasi penembakan pada malam hari
  11. Irradiasi makanan (penghancuran mikroorganisme, virus, bakteri dan serangga di makanan) 
  12. Dan masih banyak lagi.


Oke jadi itulah setikit penjelasan mengenai nuklir, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya.dan juga semoga korea selatan dan suriah mengerti mengenai betapa bahayanya itu nuklir.

Note:

Artikel ini saya tulis berdasarkan hasil kesimpulan saya terhadap beberapa sumber yang telah saya cantumkan di daftar pustaka. Apabila terdapat kerancuan mohon dimaafkan dan dengan sangat terhormat tolong ditulis di kolom komentar. Apabila ingin menyampaikan saran atau tanggapan jangan malu-malu silahkan ditulis di kolom komentar. Terimakasih banyak sudah mampir dan membaca di situs ini, semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Senjata_nuklir
2. http://personal.its.ac.id/files/material/4140-alia-BAB%205%20materi-KimiaIntidanRadiokimia.pdf
3. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Purwanti%20Widhy%20Hastuti,%20S.Pd.,%20M.Pd./kimia%20inti%20&%20radioaktivitas%20(5).pdf

Comments

Popular posts from this blog

Situs Download Film Subtitile Indonesia Recomended

Kenapa Milih Sekolah Asrama?

Mau Jadi Dokter Jangan Mikir Kerennya Doang, Ini 9 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Kuliah Di Kedokteran