Panduan Mengkonsumsi Gula Yang Benar dan Sehat



“Gula adalah sumber energy bagi tubuh kita yang sangat penting namun ia juga dapat menjadi sumber penyakit loh!!”

Panduan Mengkonsumsi Gula Yang Benar dan Sehat

Jumlah asupan gula harian yang direkomendasikan oleh badan kesehatan AHA (American Heart Association) adalah 37,5 gram/hari untuk pria dan 25gram/hari untuk wanita. 

Dari batasan konsumsi normal gula yang dianjurkan oleh AHA di atas, Dapat dijabarkan lebih jelas seperti dibawah ini:

Jumlah konsumsi gula yang disarankan untuk pria: 36 gram (9 sendok teh) gula perhari atau setara dengan 150 kalori/hari

Jumlah konsumsi gula yang disarankan untuk wanita: 20 gram (5 sendok teh) gula perhari atau setara 100 kalori/hari

Jumlah konsumsi gula yang disarankan untuk anka-anak: 12 gram (3 sendok teh) gula perhari atau 60 kalori/hari

Sementara itu di Indonesia, Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa batas konsumsi gula per hari yang disarankan berkisar di 50 gram, atau setara dengan 4 sendok makan, bagi pria maupun wanita. 

Mengapa Kita Kita Dianjurkan Seperti Diatas?, Apa Efek dari Kelebihan Mengkonsumsi Gula Bagi Manusia?

Alasan dari penetapan batas konsumsi gula perhari itu, menurut Pudjo Hartono selaku Kasubdit Bina Konsumsi Makanan Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemkes RI, adalah konsumsi diabetes tipe 2.

Selain itu konsumsi gula yang banyak dapat mengakibatkan obesitas. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan tingkat indeks glikemik yang tinggi, ini akan menaikkan kadar gula dalam darah, yang selanjutnya pankreas akan mengeluarkan banyak hormon insulin.  Hormon insulin tersebut dengan cepat membersihkan kelebihan gula yang ada didarah kita yang menyebabkan tingkat gula dalam darah turun dengan cepat dibawah normal yang menyebabkan kita merasa lapar lagi. Hal ini dapat menyebabkan obesitas.

Setelah mengetahui hal di atas Berapa Banyak Kemungkinan Gula yang Kita Konsumsi Perharinya?

Sarapan dengan susu dan sereal mengandung sekitar 25 gram gula; makan siang dengan sandwich dan sup tomat mengandung sekitar 24 gram gula; dan makan malam dengan lalap wortel serta ayam goreng mengandung kadar gula hingga 25 gram. Jika ditotal, maka tanpa disadari Anda telah memasukkan 74 gram gula ke dalam tubuh.  Padahal, jumlah asupan gula harian yang direkomendasikan oleh badan kesehatan AHA (American Heart Association) adalah 37,5 gram/hari untuk pria dan 25gram/hari untuk wanita. (kompaisana)

Satu regular cup ice cream mengandung 24 gram gula, frozen yoghurt rasa buah mengandung 28 gram gula, dan 12 ons soft drink atau seperempat sirup pancake mengandung 40 gram gula. 

Satu potong donat cokelat mengandung sekitar 1,5 sendok makan gula. Kemudian dalam segelas minuman bersoda mengandung sekitar 2,5 sendok makan gula. Konsumsi sepotong donat dan minuman soda saja sudah memenuhi batasan konsumsi gula, yaitu, 4 sendok makan atau 50 gram per hari per orang.(kompas)

Bagaimana cara mudah mengurangi pengonsumsian gula?


Menghindari gula secara total tidaklah disarankan. Mengapa? Karena gula sejatinya merupakan salah satu sumber energi untuk aktivitas harian kita. 

Namun, hal tersebut tentu tidak bisa dijadikan alasan untuk mengonsumsi gula secara berlebih; mengingat banyaknya dampak buruk yang diakibatkan bagi tubuh. Lalu, apa yang darus dilakukan agar Anda tetap dapat menikmati manisnya gula tanpa mengesampingkan kesehatan tubuh? Berikut saya paparkan beberapa cara jitu yang dapat dicoba:

Selalu mencermati label produk makanan demi mengetahui berapa kandungan gula di dalamnya
Pilihlah makanan yang berbahan dasar gula alami dibandingkan dengan yang menggunakan gula buatan

Hindari kebiasaan menambahkan gula pada makanan bergizi, seperti susu dan jus buah.

Jadi itulah dia Panduan Mengkonsumsi Gula Yang Benar dan Sehat, jadi sekarang kamu udah tahu ya!. Dan akhir kata semoga artikel ini dapat membuat kamu semakin punya good head, good heart dan good health ya. Dan jangan lupa baca artikel lainnya yang gak kalah penting dan keren. Bye, salam manis.


“Yuk Kita Jaga Kesehatan Sejak Detik Ini Karena Sehat Itu Mahal” 





Comments

Popular posts from this blog

Situs Download Film Subtitile Indonesia Recomended

Kenapa Milih Sekolah Asrama?

Mau Jadi Dokter Jangan Mikir Kerennya Doang, Ini 9 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Kuliah Di Kedokteran