5 Fakta Bahwa Membaca Novel Bagus Untuk Kehidupan Kamu



Banyak yang beraggapan bahwa membaca novel itu gak ada gunanya. “Mending baca buku biologi, bisa ikut olimpiade kamu”  yah kurang lebih itu paling sering gue denger sebagai pecinta novel. Tapi sebenarnya mambaca buku fiksi atau novel tak hanya menghibur lho dan pastinya berguna, gak seperti yang mereka katakan. Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika kamu mulai membaca buku fiksi.


1. Meningkatkan Kemampuan Emosional Dan Berbelaskasih




Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal tahun 2014 oleh Brain Connectivity menemukan bahwa mereka yang membaca novel mampu menempatkan diri  mereka ke dalam posisi orang lain dan mengembangkan imajinasinya. Hal ini meningkatkan kerja otak mereka. Para peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan membaca menempatkan pembaca dalam tubuh protagonis. Hal ini memungkinkan mereka untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kemampuan untuk berbelas kasih.

2. Jauh Dari Ancaman Alzeimer Serta Kepikunan




Menurut penelitian yang diterbitkan tahun 2013 oleh jurnal Neurology, membaca dapat melindungi otak dari cacat mental di usia tua. Kegiatan sehari-hari seperti membaca dan menulis tidak boleh diremehkan. Kegiatan sehari-hari yang membuat otak rileks juga akan menjauhkan diri dari ancaman Alzheimer.

3. Memiliki Banyak Pengalaman Hidup Walau Belum Lama Hidup




Ini adalah pelajaran yang paling berharga yang dapat diraih oleh pembaca novel. Mereka yang suka dan sering membaca novel dapat dipastikan memiliki pandangan hidup yang lebih luas dan pemikiran yang lebih baik. Karena faktanya mereka mendapatkan banyak pengalaman hidup dari tokoh-tokoh novel yang mereka baca. Jadi akhirnya mereka dapat lebih baik menentukan hidup dibandingkan mereka-mereka yang tidak sering membaca novel. 

4. Jadi Lebih Kreatif




Ketika kamu membaca novel kamu akan membuat dunia mu sendiri melalui imajenasi, hal ini jauh lebih menyenangkan dari hanya melihat dunia yang diciptakan orang lain melalui film. Tetapi disamping itu, hal ini juga ternyata dapat menempa diri kamu menjadi lebih kreatif lo!.

5. Pastinya Menyenangkan





Jika bukan karena menyenangkan, membaca buku mungkin akan terasa seperti pekerjaan rumah yang menyebalkan. Jadi pastinya dong, membaca novel itu menyenangkan. Menyenangkan banget malahan.


Jadi itulah beberapa manfaat dari membaca novel. Bagi kamu yang tidak suka membaca novel, semoga jadi suka baca novel ya, yakin deh kamu bakal jadi orang yang lebih baik, tapi jangan sampe buku pelajaran atau hal-hal lain jadi tidak kamu lakukan hanya kamu terlalu sibuk membaca novel.

Comments

Popular posts from this blog

Situs Download Film Subtitile Indonesia Recomended

Kenapa Milih Sekolah Asrama?

Mau Jadi Dokter Jangan Mikir Kerennya Doang, Ini 9 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Kuliah Di Kedokteran