Yuk Lebih Mengenal Teknik Kimia, Nih 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Masuk Teknik Kimia


Teknik kimia adalah jurusan yang mempelajari bagaimana caranya merubah sebuah bahan mentah menjadi sebuah produk (barang jadi/setengah jadi) dengan proses se-ekonomis mungkin dan menghasilkan untung sebesar-besarnya. Seorang sarjana teknik kimia juga bisa merancang sebuah pabrik industri kimia yang tentunya se-ekonomis mungkin dan menghasilkan untung yang sangat besar. Biar kamu lebih yakin kuliah di teknik kimia, nih 10 alasan kenapa kamu harus masuk teknik kimia.

1. Jiwa Kamu Akan Menjadi Kuat dan Tahan Banting


Pulang Malam, Tidur Malam itu sudah menjadi kegiatan sehari-hari jika kamu kuliah di teknik kimia. 

Mahasiswa teknik kimia setiap pulang dari kuliah pasti akan membawa oleh-oleh dari dosennya yang jumlahnya tak terbayangkan. Tak jarang mahasiswa harus mengorbankan jam tidur dan jam pulangnya hanya untuk demi mengerjakan oleh-oleh yang diberikan dari dosen. 

Kegiatan seperti ini membiasakan mahasiswa teknik kimia lebih tahan banting dari jurusan lainnya. Walau sebenarnya tugas kuliah banyak sudah umum kok dirasakan sama mahasiswa jurusan lain! Tapi tugasnya mahasiswa teknik kimia beda sama jurusan lain. Ribet banget soalnya, 1 soal jawabannya bisa beranak 10 dan membutuhkan jawaban berlembar-lembar kertas folio. Jadi bisa dipastiin jiwa kamu akan menjadi kuat dan tahan banting kalau kuliah di teknik kimia.

2. Terbiasa Deh Baca Buku Berbahasa Inggris


Mahasiswa Teknik Kimia harus berhadapan dengan bahasa Inggris hampir setiap hari. Soalnya, sangat banyak referensi literatur Teknik Kimia yang hanya tersedia dalam bahasa Inggris yang belum diterjemahkan ke bahasa Indonesia, entah itu dalam bentuk buku bacaan, jurnal hingga tugas akhir. Jadi kamu akan terbiasa baca buku berbahasa inggris. 

3. Teliti dan Kecepatan Menghitungan Kamu Bakal Cepat Banget


Menghitung dalam teknik kimia sudah biasa dilakukan. Seorang teknik kimia haruslah pandai berhitung, karena pada dasarnya materi teknik kimia khususnya sarjana adalah menghitung seperti menghitung neraca massa, neraca energi, efisiensi suatu alat, dan nilai-nilai lain yang memiliki satuan berbeda. Tentunya hal ini akan membuat diri kamu menjadi ahli hitung dan teliti.


4. Kamu Harus Tahu Prodi Teknik Kimia Memiliki 2 Tugas Akhir, Skripsi dan Merancang Pabrik



Mungkin bagi beberapa jurusan lain, syarat untuk lulus hanya 1 Program tugas akhir. Tetapi mahasiswa teknik kimia harus mengerjakan 2 program tugas akhir agar dapat lulus, yaitu Skripsi dan Merancang Pabrik lengkap dengan tata letak dan juga peralatan dan juga reaksi kimia serta proses lainnya, juga kamu akan diharuskan menghitung nilai ekonomis dan juga sisi kelayakan pabrik tersebut dari aspek lingkungan, gimana seru banget kan?. Dan kamu perlu tahu kalau hampir semua pabrik di dunia dirancang oleh seorang teknik kimia. 

5. Kamu Gak Mudah Menyerah Dan Terbiasa Memecahkan Masalah


Karena terbiasa berpikir secara lebih mendalam dan juga sistematis, anak-anak jurusan teknik kimia akan dikenal gesit dalam mencari solusi suatu permasalah dan menguraikannya. Jadi kamu dapat dipastikan gak mudah menyerah dalam menghadapi problema hidup dan terbiasa memecahkan masalah dengan mudah kalau kamu kuliah di teknik kimia. 

6. Kamu Gak Pernah Takut Setelah Wisuda Mau Kerja Apa


Prospek lapangan pekerjaan teknik kimia itu sangat-sangat luas. Prospek kerja lulusan teknik kimia bisa meliputi industri kimia, industri obat, industri pangan, industri perancangan alat, industri agrobisnis, laboratorium, tenaga pengajar, unit pengolahan limbah, pengusaha, bahkan dunia per-bankan bisa dimasuki oleh seorang lulusan teknik kimia. Jadi kamu gak pernah takut setelah wisuda mau kerja apa, kalau kuliah di teknik kimia.

7. Kamu Bakal Sangat Berjasa Untuk Dunia


Lihatlah benda apa saja yang berhubungan dengan teknik kimia di sekitar kita!, Mulai dari Buku, Keramik, Plastik kresek, Kerangka plastik pada beberapa produk seperti kipas angin, laptop, wadah makanan, Obat-Obatan, Produk Makanan, baju yang kalian pakai, Gas yang dipakai buat memasak, Bahan bakar yang kalian pakai buat motor/mobil, itu semua merupakan hasil dari contoh produk yang anak teknik kimia pikirkan dan buat dengan cara yang se-efisien mungkin. 

Belum lagi polemik kelangkaan minyak bumi dan isu energi lainnya yang membuat mahasiswa dan lulusan teknik kimia untuk berpikir keras demi mengatasi masalah tersebut. 

Jadi kamu dapat dipastikan sangat berjasa untuk dunia jika menjadi mahasiswa dan lulusan teknik kimia.

Comments

Popular posts from this blog

Situs Download Film Subtitile Indonesia Recomended

Kenapa Milih Sekolah Asrama?

Mau Jadi Dokter Jangan Mikir Kerennya Doang, Ini 9 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Kuliah Di Kedokteran