Ini Yang Mereka Lakukan Agar Lolos SBMPTN, Yuk Belajar Dari Pengalaman Mereka


Sbmptn adalah pertarungan yang sangat menentukan masa depan kamu. Tahun 2017 797.023 calon mahasiswa baru berebut kursi di PTN mereka dan yang berhasil mendapatkannya hanya 148.066 yaitu sekitar 18 %. Buat kamu yang pengen termasuk di dalam 18% itu sebaiknya mengetahui apa sih yang mereka lakukan agar lolos SBMPTN. Biar pada jelas simak penjelasan berikut.

1. Pilih Jurusan dan Kampus Pakai Hati Bukan Gengsi


Ini adalah kesalahan pertama yang paling banyak terjadi di setiap tahun dari sekian banyak petarung Sbmptn yang gagal. Mereka berbondong-bondong memilih universitas seperti ITB, UI, UGM  dan lain lain karena kuliah di sana keren, dipandang pintar, prestitus padahal masih banyak universitas yang gak kalah bagus. 

Sebaiknya kamu milih Universitas sesuai kemampuan dan usaha. Karena yang masuk ke sana pasti udah banting tulang otak dari jauh jauh hari. Tapi kalo kamu yakin dan siap menghadapi rintangan buat masuk kesana, ya silakan. 

2. Jangan Fokus Belajar Untuk UN, Utamakan SBMPTN



Ini juga merupakan kesalahan yang terus terus terjadi di setiap tahun. Kamu sebaiknya jangan terlalu terlena dengan ujian nasional, kenapa?. Karena nilai un itu tidak terlalu berharga buat kamu yang ingin lanjut kuliah, di kuliahan gak ada ditanya nilai un kamu berapa tapi orang orang bakal nanya kamu kuliah dimana?. 

Makanya langsung aja belajar untuk SBMPTN. Lagian soal sbmptn tingkat kesulitannya jauh diatas soal un jadi kalo kamu belajar sbmptn kamu udah sekalian belajar untuk un. 

Hal lain yang kamu tahu adalah belajar sbmptn itu butuh waktu lama, gak bakalan cukup cuma 2 bulan setelah un. Jadi kalo kamu udah belajar sbmptn dari awal kelas tiga kamu bakal banyak curi waktu dibanding pesaing yang lainnya.

3. Jangan Terlalu Berharap Di SNMPTN


Ini adalah masalah yang paling berbahaya. Kamu harus tahu snmptn itu adalah kesempatan yang tidak pasti. Banyak dari mereka yang terlalu berharap dengan snmptn dan melupakan belajar untuk sbmptn tapi gak lolos dan mereka juga membuang banyak waktu untuk belajar sbmptn. Jadi sebaiknya kamu tidak terlalu berharap di snmptn sehingga tidak menggangu konsentrasi dan fokus kamu di sbmptn.

4. Jangan Pernah Menghafal Tetapi Pahami Konsepnya


Soal sbmptn itu tidak bisa ditebak jadi kalo kamu memakai strategi menghafal itu sama saja namanya dengan bunuh diri. 

Gak bakalan berguna sedikitpun. Jadi kalo kamu mau lolos di sbmptn belajarlah dengan memahami konsepnya bukan menghafal soal yang sering keluar atau variasi soal. Kalau kamu kesulitan untuk belajar menguasai konsep kamu bisa ikut bimbel online di zenius learning atau beli buku yang mengajarkan kamu konsep, gak mahal kok. 

5. Jangan Pernah Meremehkan TPA dan Mapel Bahasa


Bahasa ah ngapain belajar kan mudah. Eh kamu salah besar, kalo menganggab pelajaran bahasa di sbmptn mudah, sangat banyak lo orang gagal di sbmptn karena mengaggab remeh pelajaran ini, padahal mereka sudah banyak benar di pelajaran lain tetapi mereka mendapatkan banyak minus karena terlalu meremehkan pelajaran bahasa. 

Coba aja mereka belajar dengan serius untuk pelajaran bahsa indo, inggris dan tpa pasti mereka udah banyak banget poinnya. Note: mapel bahasa indo, inggris dan tpa banyak banget jebakannya makanya kamu harus serius di bagian ini yang padahal di sinilah lumbung nilai yang banyak banget.

6. Jangan Berhenti Belajar Setelah Lihat Nilai TO Bagus


Wih nilai TO gua bisa lulus UI nih, ah udah lah gak usah belajar lagi, udah lewat lah. Eits sebaiknya Kamu jangan sampe begitu ya!, karena siapa yang tahu kalo kamu ternyata bisa aja gak lulus nanti waktu sbmptn. 

Karena setiap universitas mengambil peringkat paling tinggi di sbmptn dan tidak pernah mengeluarkan nilai passing grade secara resmi. Jadi bagi kamu yang udah merasa lulus dari nilai TO kamu, sebaiknya tetap aja belajar karena siapa tahu tahun ini peminat di jurusan impian kamu lebih banyak dan lebih jago dari tahun kemarin dan passing gradenya pun menjadi lebih tinggi.   

7. Percaya Diri dan Jangan Lupa Berdo’a


Berdoa sangat penting. Ada kekuatan yang tidak terlihat yang bisa membantu kita dalam berusaha. Tetap optimis untuk lolos, tetapi jangan juga menjadikan itu terlalu disombongkan. Yakin. Kalau misalnya tidak lolos, jangan panik. Cari alternatif jalur lain. Tuhan tidak pernah menolak doa hamba-Nya. Yang ada adalah Tuhan memberikan yang lebih baik dari keinginan kita jika tidak lolos SBMPTN. Pasti itu.

Oke sekian dulu, Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Situs Download Film Subtitile Indonesia Recomended

Kenapa Milih Sekolah Asrama?

Mau Jadi Dokter Jangan Mikir Kerennya Doang, Ini 9 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Kuliah Di Kedokteran