5 Jalur Masuk UGM Tanpa Tes tulis


UGM merupakan salah satu universitas terbaik dan terfavorit di indonesia. UGM juga salah satu universitas yang memiliki mahasiswa asing terbanyak di indonesia. Kesuksesan UGM tidak terlepas dari sangat banyaknya prestasi yang telah di toleh oleh mahasiswa dan mahasiswinya di kanca nasional dan internasional. 

Selain itu ugm juga merupakan salah satu universitas yang telah terakreditasi internationaloleh beberapa baddan akrediatas international. Uniknya dari UGM adalah ia menyediakan sangat banyak jalur kepada calon mahasiswanya, berikut 5 jalur masuk UGM tanpa tes yang harus kamu coba.

1. Jalur PBUB (Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi)


Jalur ini di sediakan oleh UGM untuk siswa-siswi berprestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Mereka juga diharapkan memiliki kemampuan akademik yang memuaskan di sekolahnya dibuktikan dengan syarat selalu berada di peringkat 25 %  teratas dari jumlah murit di kelas selama 6 semester. Seleksi jalur ini hanya menggunakan nilai rapor dan sertifikat hampir sama halnya dengan seleksi SNMPTN sehingga layak dan patut untuk kamu coba. 

2. Jalur PBOS (Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni)


Selain menyediakan jalur untuk siswa-siswi berprestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. UGM juga menyediakan jalur seleksi tanpa tes tulis untuk kamu yang memiliki prestasi dibidang seni dan olahraga dengan syarat kamu juga memiliki kemampuan akademik yang memuaskan di sekolah kamu dibuktikan dengan syarat selalu berada di peringkat 25 % teratas dari jumlah murit di kelas selama 6 semester. Bagi kamu yang memenuhi syarat itu jangan buang kesempatan mu ya!

3. Jalur PBUK (Penelusuran Bibit Unggul Kemiteraan)


Jalur Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan ini adalah jalur seleksi masuk UGM yang ditujukan untuk putra-putri daerah yang memiliki kemampuan akademik yang baik dan juga memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah. 

Calon mahasiswa yang masuk lewat jalur ini diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, institusi pemerintah, atau perusahaan. Jalur seleksi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan daerah. 

Jadi sebaiknya mulailah mencari informasi tentang jalur ini di daerah kamu masing masing ya, syarat dan ketentuan ditentukan oleh daerah masing-masing.

4. Jalur PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu)


Jalur masuk UGM ini diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi namun orang tuanya atau walinya tidak memiliki kemampuan finansisal yang memadahi untuk membiayai kuliah. 

Jalur masuk ini merupakan salah satu bukti jika UGM peduli terhadap pendidikan siswa-siswa yang cerdas namun kurang mampu. Siswa yang dapat mengajukan untuk masuk lewat jalur ini adalah mereka yang memiliki orang tua atau wali dengan pendapatan kotor (gabungan) maksimal Rp. 750.000 per bulannya. 

Siswa yang masuk lewat jalur ini akan mendapatkan beasiswa pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester dari UGM namun dengan syarat dapat memenuhi prestasi yang telah ditetapkan oleh pihak kampus. Jadi bagi kamu yang memiliki masalah dengan finansial berjuanglah di jalur ini ya!

5. Jalur PBUSMAK (Penelusuran Bibit Unggul siswa SMA, MA dan SMK)


Jalur inilah yang memiliki kuota paling besar diantara PBU lainya, kuota yang disediakan pada jalur ini hampir mencapai 60% dari kuota PBU. Bisa dibayangkan peluang untuk diterima melalui jalur ini. 

Persyaratan yang dibutuhkan pun relatif lebih ringan jika dibanding jalur PBU lainya yaitu hanya membutuhkan 40% siswa terbaik dikelas yang dibuktikan dengan surat rekomendasi dari kelapa sekolah. Selain itu tentu dengan adanya sertifikat yang dapat memberikan nilai tambah untuk dipertimbangkan antara diterima atau tidaknya bagi pendaftar.  

Gimana Mudahkan?, jadi apalagi persiapkalah semua persyaratannya dan berjuanglah di jalur ini. Semoga artikel 5 Jalur Masuk UGM Tanpa Tes tulis dapat berguna bagi anda.

Comments

Popular posts from this blog

Situs Download Film Subtitile Indonesia Recomended

Kenapa Milih Sekolah Asrama?

Mau Jadi Dokter Jangan Mikir Kerennya Doang, Ini 9 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Kuliah Di Kedokteran