Pertolongan Pertama Untuk Perderita Stroke


Semua orang tentu tahu stroke adalah salah satu penyakit paling membunuh dan ia menduduki nomer 3 di dunia sebagai penyakit paling mematikan. 

Jadi sebaiknya kita dari sekarang mengetahui bagaimana pertolongan pertama untuk penderita stroke, yakinlah suatu saat nanti itu akan berguna untuk membantu sesorang tidak terlepas itu orang terdekat atau bahkan tidak kenal. Jadi yuk kita simak penjelasan di bawah.

1. Jangan dipindahkan

Jika anda memindahkan penderita dari tempat asal/ tempat semula itu akan membuat kemungkinan pecahnya pembuluh darah halus dalam otak akan semakin cepat terjadi dan tentunya ini akan beresiko. Cukup bantu penderita mengambil posisi untuk duduk supaya tidak terjatuh lagi.

2. Tarik-tarik dan tusuk daun telinga

Apabila mulut penderita terlihat kurang normal, anda mungkin harus mencoba menarik-narik kedua telinga penderita tersebut hingga terlihat agak kemerahan. Kemudian, lakukan 2 kali tusukan pada ujung bawah telinga dengan jarum kecil yang sudah disterilkan sehingga darah menetes 2 kali dari dari masing masing daun telinga. Dalam beberapa menit mulut penderita akan kembali normal.

3. Tusuk ujung-ujung jari dengan jarum

Dianjurkan menggunakan jarum suntik. Tetapi jika tidak ada maka anda bisa menggunakan jarum lain yang tidak terlalu besar (ex: jarum jahit, jarum pentul) dan tentunya harus dalam kondisi steril dengan cara dibakar. Titik yang harus ditusuk adalah sekitar 1 mm dari ujung kuku. Usahakan agar setidaknya darah bisa menetes sedikit atau 1 tetes cukup. Jika tidak bisa, tekan jari jari tersebut. Dalam jangka waktu sekitar 10 menit, penderita akan sadar kembali.

4. Cari pertolongan medis

saat kondisi penderita mulai pulih kembali, segeralah cari pertolongan medis. Bawalah penderita ke dokter terdekat atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan tindakan yang lebih lanjut. Ingat, sebelum 6 jam sejak dihitung sejak serangan, penderita stroke sudah harus mendapat pertolongan medis.

Oke sekian dulu kali ini, semoga article ini bermanfaat bagi anda.

Sumber: doktersehat,com(sangat disarankan untuk membaca di blog ini guna mendapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan)

Comments

Popular posts from this blog

Situs Download Film Subtitile Indonesia Recomended

Kenapa Milih Sekolah Asrama?

Mau Jadi Dokter Jangan Mikir Kerennya Doang, Ini 9 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Kuliah Di Kedokteran