Pertolongan Pertama dan Cara Mengatasi Asma dan Sesak Nafas



Asma adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi anak dan juga orang dewasa. 

Asma penyakit yang sangat mengganggu dan juga sangat menyiksa, karena penanyakit asma adalah penyakit yang menyebabkan orang menjadi kesulitan bernafas, coba saja kamu tidak bernafas untuk ½ detik saja, itu sudah sangat-sangat menyiksa.  

Asma pada anak anak biasanya dapat hilang dan disembuhkan dengan tidak terlalu sulit, namun untuk orang dewasa hal ini sangat sulit disembuhkan.

Pada awalnya kita harus terlebih dahulu mengetahui ciri-ciri penderita asma:

  1. Sering batuk pada saat malam hari, dan tampak normal pada siang hari. 
  2. Nafas anak mengeluarkan bunyi seperti peluit ringan 
  3. Kesulitan bernafas saat malam hari dan disaat kedinginan 


Jadi ketika ciri-ciri diatas sudah tepat maka mari kita simak bersama ulasan menganai pertolongan pertama yang harus dilakukan ketika ia kambuh dan cara mengatasi serta mengurangi Asma.

1. Pastikan Penderita bersikap tenang ketika asma kambuh

Seperti biasanya hal yang pertama sekali mesti kita dilakukan adalah tenang. Usahakan penderita bersikap tenang dan berusaha mengendalikan pernafasannya.

2. Jangan Tidur

Posisi duduk atau setengah duduk adalah hal yang bagus. Dan jangan pernah memposisikan penderita dengan posisi tidur. Karena hal ini justru akan menyumbat saluran pernafasannya dan membuat keadaan asma menjadi semakin parah.

3. Buat Badan Menjadi Hangat

Salah satu factor yang menyebabkan terjadinya sama dalah suhu yang dingin, maka dari itu usahakan penderita memakai pakaian yang mencegah dingin serta minumlah air hangat.


4. Pergi Keruang Terbuka

Ketika anda sudah berusaha tenang dan mengusahan diri anda hangat maka pergilah keruang terbuka yang menyediakan udara segar, pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan usahakan anda lupa dengan si asma menyebalkan itu.


5. Konsultasikan dengan dokter

Ketika pernafasaan anda sudah kembali normal usahakan cepat berkonsultasi dengan dokter. Dokter anda akan memeriksa lebih jauh apakah asma anda juga di akibatkan oleh alergi atau yang lainnya. Ia juga akan memberi anda obat yang dapat membantu anda ketika asma kembali kambuh serta obat yang juga dapat mengurangi asma anda.

6. Makan-Makanan yang Bergizi

Usahakanlah anda mendapatkan asupan gizi yang cukup dan baik. Dan juga kalau bisa banyak minum air rebusan jahe.

7. Olahraga ringan

Olahragalah yang teratur namun hanya olahraga ringan yang tidak terlalu berat, Karena olahraga terlalu berat dapat menyebabkan asma anda kambuh. Olahraga ringan dan makan makanan bergizi sangat membantu paru-paru anda sehingga ia menjadi sehat kembali.

Oke itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan kalau anda memiliki penyakit asma atau juga bagi kamu yang ingin membantu orang terdekat kamu yang terkena penyakit ini. Semoga Artikel ini membantu kamu.

Comments

Popular posts from this blog

Situs Download Film Subtitile Indonesia Recomended

Kenapa Milih Sekolah Asrama?

Mau Jadi Dokter Jangan Mikir Kerennya Doang, Ini 9 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Kuliah Di Kedokteran