Pertolongan Pada Luka Bakar


Luka bakar adalah luka yang dapat terjadi kapan saja dan hal ini sangat menyiksa maka sangat perlu untuk diketahui cara menangani luka bakar dan pertolongan pertamanya. Berikut kami sajikan menangani luka bakar dan pertolongan pertama.


1. Ketahui Tingkat Kaparahan Luka Bakar 


 a. Luka bakar derajat pertama atau minor hanya meliputi kulit bagian terluar dan dianggap tidak serius. Rasa sakit, bengkak, dan kemerahan adalah gejala-gejala yang bisa muncul. Contoh luka bakar derajat pertama ini adalah luka bakar akibat sengatan sinar matahari secara langsung.

 b. Luka bakar derajat kedua bersifat lebih serius dengan gejala-gejala berupa rasa sakit, bengkak, melepuh, dan terdapat noda putih atau merah pada kulit.

 c. Luka bakar derajat ketiga adalah jenis luka yang paling serius karena merusak seluruh lapisan kulit dan lemak, bahkan bisa jadi hingga ke otot dan tulang. Penderita luka bakar jenis ini dapat mengalami keracunan karbon monoksida dan mungkin juga bahan lain, sesak napas, serta kulit yang terbakar hangus.
Sumber: Alodokter (sangat disarankan untuk dikunjungi demi mendapatkan lebih banyak ilmu kesehatan)

2. Lepas semua hal yang melekat di area luka

Hal pertama sekali yang harus anda lakukan adalah melepasakan semua hal yang melekat di area luka dan juga di dekatnya, seperti perhiasan, ikat pinggang, pakaian (kalau bisa tapi jangan dipaksakan) serta benda-benda lainnya.


3. Alirkan Air Normal

Alirkanlah air normal atau air biasa yang bersuhu kamar hingga sekitar 15 menit. Jangan pernah alirkan air dingin karena hal itu dapat menyebabkan hipotermia dan turunnya tekanan darah serta aliran darah secara drastic, hal ini sangat berbahaya terlebih lagi untuk penderita luka bakar tingkat 2 dan 3.


4. Naikkan bagian luka lebih tinggi dari jantung


5. Jangan pecahkan gembung akibat luka

Sebaiknya anda jangan mencoba memecahkan gembung yang dihasilkan oleh luka bakar tersebut karena itu adalah hal yang dapat melindungi luka anda dari bakteri dan hal-hal lainnya yang tidak steril.


6. Tutupi luka bakar dengan kain bersih atau plester yang dingin dan lembut. 

Oleskan obat atau salep pada area yang terbakar dan juga minum obat antinyeri seperti para acetaminofen atau ibuprofen.



7. Segera telephone ambulance jika luka bakarnnya berada ditingkat 3.

Comments

Popular posts from this blog

Situs Download Film Subtitile Indonesia Recomended

Kenapa Milih Sekolah Asrama?

Mau Jadi Dokter Jangan Mikir Kerennya Doang, Ini 9 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Kuliah Di Kedokteran