Akibat Kalau Kamu Sikat Gigi Lebih Dari 2 kali Sehari



“Sering-sering sikat gigi biar gigi sehat”

Kata diatas adalah kata-kata yang sering banget kita dengar dari seseorang yang kelihatannya peduli dengan kesehatan gigi kita, atau mungkin itu adalah anggapan kita sendiri yang jelasnnya dokter tidak pernah menyarankan untuk sering sering sikat gigi tapi sikat gigilah 2 kali sehari.

Faktannya kata kata di atas itu sering banget loh disalah artikan. Banyak orang yang malahan kebannyakan sikat gigi. Disaat pagi hari sikat gigi, sesudah makan siang sikat gigi, sore sikat lagi, malam juga lagi!!.

Waduh-waduh kamu jangan sampai seperti itu ya!. Karena ternyata sikat gigi lebih dari dua kali  sehari bukan hanya buat pasta gigi kamu cepat habis terus dompet kamu nipis karena terus-terusan beli pasta gigi. Sikat gigi lebih dari 2 kali juga bahaya banget buat kesehatan gigi kamu, seperti dijelaskan di bawah ini.

Secara umum untuk dapat memiliki gigi sehat dan putih bersih adalah dengan menyikat gigi minimal 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan malam hari sebelum tidur. Akan tetapi menurut beberapa para ahli kesehatan gigi, menyebutkan jika terlalu sering menyikat gigi justru akan menjadi penyebab timbulnya kerusakan gigi dan juga gusi. Sehingga para ahli tersebut justru menyarankan untuk menyikat gigi hanya dilakukan 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Para ahli memperingatkan bahwa menyikat gigi terlalu sering bisa berakibat tak baik untuk tubuh. Apalagi kalau kamu menyikat gigi setengah jam setelah makan atau minum secangkir kopi, gigimu bisa rusak parah. Sama halnya ketika menyikat gigi setelah minum minuman bersoda atau asam. Asam dalam minuman bisa mengikis enamel gigi dan lapisan di bawah enamel (dentin).

Pengaruh menyikat gigi segera setelah makan terutama tergantung pada jenis makanan yang kita makan. Misalnya saja kamu baru saja makan makanan yang bersifat asam seperti jeruk atau minuman bersoda. Enamel yang terkikis karena kandungan asam pada makanan akan mengakibatkan terjadinya korosi gigi dan membusuknya gigi jauh lebih cepat.

Enamel gigi yang terkikis dan makin tipis juga bisa membuat saraf gigi jadi lebih sensitif. Padahal saraf gigi sangat sensitif dengan suhu, jadi ketika kamu makan makanan panas atau dingin dan menyentuh gigi sensitif, kamu pun akan merasakan nyeri dan ngilu.

Karena itu, para ahli menyarankan bila ingin sikat gigi setelah mengonsumsi sesuatu yang mengandung asam, berilah jeda sekitar 30 menit kemudian untuk menetralkan asam. Pasalnya untuk mengembalikan pH mulut dan gigi dalam keadaan normal yaitu sekitar 7 dibutuhkan waktu yang nggak sebentar. Sementara makanan yang mengandung asam membuat kadar pH turun dari 7 menjadi 2,5.

Kamu juga bisa membantu menyeimbangkan kadar pH dalam mulut memakai cara berkumur dengan obat kumur. Udah gitu, dengan berkumur timbunan plak yang menempel di gigi yang bikin karang gigi juga bisa hilang.

Jadi itulah dia bahayanya kalau kamu sikat gigi lebih dari 2 kali sehari dan juga bebrapa hal yang sebenarnnya gak relevan dengan judul tapi saya rasa juga penting, jadi sekarang kamu udah tahu ya!, maka jangan lagi sikat gigi kayak tadi tuh, Disaat pagi hari sikat gigi, sesudah makan siang sikat gigi, sore sikat lagi, malam juga lagi!!.(copas diatas). Dan akhir kata semoga artikel ini dapat membuat kamu semakin punya good head, good heart dan good health ya. Dan jangan lupa baca artikel lainnya yang gak kalah penting dan keren. Bye, salam manis.


“Yuk Kita Sikat Gigi 2 Kali Sehari, Biar Tetap Bisa Makan Enak Walaupun Udah Tua Nanti Ya!!”


Comments

Popular posts from this blog

Situs Download Film Subtitile Indonesia Recomended

Kenapa Milih Sekolah Asrama?

Mau Jadi Dokter Jangan Mikir Kerennya Doang, Ini 9 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Kuliah Di Kedokteran